Bebebapa Macam Teknik Memotong

Memasak menjadi hobi dan kegemaran banyak orang. Namun, tidak semua orang mengetahui teknik-teknik memotong. Terdapat berbagai macam teknik memotong yang sering digunakan oleh tukang masak maupun koki untuk memotong bahan-bahan masakan. Teknik memotong ini bertujuan untuk menghasilkan makanan yang lebih lezat dan enak. Hal ini dikarenakan bahwa beda makanan yang akan dimasak, maka beda pula ukuran potongan bahannya. Berikut adalah beberapa teknik memotong dalam dunia memasak,

Mengiris (Slice)
Teknik mengiris (slice) menjadi teknik dasar memotong bahan makanan yang sering dilakukan. Teknik ini menggunakan cara  memotong bahan makanan dengan tipis secara horizontal maupun miring dengan hasil irisan yang relatif. Teknik memotong ini biasa ditemukan pada timun, tomat, wortel, bawang, dan sebagainya.

Memotong Dadu (Dice)
Teknik ini juga menjadi teknik dasar dalam memotong yang sering digunakan saat memasak. Teknik ini menggunakan cara memotong makanan menyerupai kubus. Teknik memotong dadu memiliki beberapa jenis dan ukuran, yaitu large dice, medium dice, dan small dice. Tenik ini sering digunakan untuk memotong sayuran seperti kentang, tempe, labu, umbi-umbian dan buah-buahan.

Memotong (Chop)
Teknik yang biasa kita kenal dengan istilah “chop” merupakan teknik memotong dengan cara memotong makanan dengan ukuran yang tidak beraturan. Pada umumnya, proses pemotongan bergantung pada keserasian makanan yang akan dibuat, misalnya saat membuat tumis tempe dan kacang, maka Anda akan memotong tempe dengan ukuran yang akan sesuai apabila dimasak bersama dengan kacang.

Mencincang (Minced)
Teknik ini hampir sama dengan teknik memotong, namun ukurannya lebih halus. Mencincang dilakukan dengan cara memastikan ujung pisau yang runcing merekat pada talenan, dan bagian lain dari pisau digunakan untuk mencincang ke seluruh bagian bahan yang sedang dicincang secara terus menerus sampai memperoleh kehalusan yang diinginkan. Teknik ini biasa digunakan pada daging yang dicincang secara halus, bawang putih, seledri, dan sebagainya.

Tipis Melintang (Chiffonade)
Teknik memotong Tipis Melintang (chiffonade) merupakan teknik memotong yang biasa ditemukan pada sayuran seperti kol, sawi, seledri, daun herbal dan sebagainya. Bentuk dari potongan teknik memotong chiffonade adalah irisan tipis melintang. Teknik ini dilakukan dengan cara menggulung sayuran terlebih dahulu, kemudian mengirisnya secara tipis-tipis hingga terbentuk irisan tipis melintang.

Memotong Balok (Jardiniere)
Teknik memotong Balok atau juga dikenal dengan jardinière merupakan teknik memotong sehingga berbentuk balok atau kotak memanjang. Pada umumnya, teknik ini menghasilkan potongan dengan ukuran 3 cm x 1 cm x 1 cm. Teknik ini sering digunakan pada wortel, kentang dan lobak serta sayuran yang ditemukan pada pendamping steak.

Itu lah beberapa macam teknik memotong. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan tentang teknik memotong agar dapat diterapkan dengan tepat ketika memotong bahan-bahan makanan.

www.idekuliner.com/

#IdeKuliner #Kuliner #KulinerIndonesia #KulinerNusantara #KulinerSehat #TipsdanTrik #MakananIndonesia #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia #makananenak #tipskuliner #tipsmemasak #tipsmemotong #kulinersurabaya #kulinerjakarta #kulinerasliindonesia #kulinerkhasindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *