Tips Memasak Makanan Sehat tanpa Digoreng

Gorengan menjadi makanan yang banyak digemari oleh masyarakat. Gorengan dikonsumsi sebagai camilan maupun lauk makan karena dapat menggugah selera. Memakan makanan yang digoreng memang diperbolehkan, namun dalam jumlah yang wajar. Hal yang perlu diingat bahwa makanan yang digoreng mengandung lemak dan kolestrol yang tinggi, sehingga apabila dikonsumsi secara rutin dan berlebihan dapat memberikan resiko yang lebih besar untuk mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti obesitas, stroke, penyakit jantung coroner, diabetes dan sebagainya.

Gorengan memberikan dampak negatif bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, beberapa minggu terakhir ini masyarakat dikejutkan oleh harga minyak goreng yang meroket tinggi.  Hal in menyebabkan masyarakat lebih berhemat dalam menggunakan minyak goreng. Berikut kami berikan tips memasak makanan sehat tanpa digoreng,

Mengukus
Mengukus menjadi salah satu metode memasak yang lebih sehat dibandingkan dengan menggoreng. Mengukus dapat menjaga nutrisi yang larut dalam air serta yang sensitive terhadap suhu tinggi. Mengukus makanan memang dapat membuatnya terasa hambar, namun Anda dapat menambahkan sedikit bumbu untuk membuatnya lebih nikmat. Metode memasak ini menggunakan uap air yang berasal dari air mendidih dibawah saringan panci. Pada dasarnya, makanan menjadi matang karena uap panas, sehingga makanan tidak bersentuhan lansung dengan air mendidih. Mengukus dapat menghasilkan makanan yang lunak atau lembut.

Merebus
Merebus juga menjadi metode memasak yang lebih sehat dibandingkan dengan menggoreng. Namun, Anda perlu memperhatikan waktu merebus, jangan terlalu lama. Perhatikan kandungan gizi dari makanan yang akan direbus. Kandungan vitamin C dalam sayuran dapat hilang dalam jumlah banyak apabila direbus dalam air yang terlalu panas dan dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan bahwa vitamin C mudah larut dalam air dan sensitif terhadap suhu tinggi. Namun, metode memasak ini dapat mempertahankan kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan.  

Menumis
Metode memasak dengan cara menumis hampir mirip dengan menggoreng, namun tidak menggunakan banyak minyak. Metode ini tidak membutuhkan waktu yang lama, sehingga dapat mempertahankan kandungan gizi, aroma serta cita rasa makanan. Selain itu, menumis juga dapat meningkatkan penyerapan antioksidan, beta karoten serta vitamin yang larut dalam lemak. Untuk tetap menjaga kesehatan, Anda dapat memilih minyak zaitun untuk mencegah kolestrol.

Membakar
Metode ini cukup popular karena dapat memberikan rasa yang khas pada makanan. Memasak dengan metode membakar juga baik dilakukan asal tidak berlebihan karena membakar makanan dengan suhu panas dapat menghasilkan bahan kimia penyebab penyakit kanker, yaitu amina heterosiklik (HCA) dan hidrokarbon poliaromatik (PAH). Oleh karena itu, Anda diperbolekan mengkonsumsi makanan yang dibakar, namun Anda juga perlu memperhatikan tingkat kematangan dan kegosongan dari makanan tersebut. Anda juga tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang dibakar secara berlebihan.

Itu lah beberapa tips memasak makanan sehat tanpa digoreng.

www.idekuliner.com/

#IdeKuliner #Kuliner #KulinerIndonesia #KulinerNusantara #KulinerSehat #TipsdanTrik #MakananIndonesia #UMKMNaikKelas #BanggaBuatanIndonesia #SiapBersamaUMKM #KoperasiKeren #BuatanIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *